Minggu, 14 Februari 2010

TIPS AGAR KOMPUTER TIDAK MUDAH TERSERANG VIRUS

Jika kita merasa bahwa komputer sudah merasa aman, namun pada suatu saat komputer kita mengalami kerusakan yang sangat parah. Bagaimana perasaan kita pada saat itu? Kekhawatiran merasuk diri sendiri, dan bertanya-tanya kenapa hal ini bisa terjadi, atau mungkin ada rasa penyesalan. Atau mungkin kejadian kecil seperti flash drive tidak bisa di remove. Saya pun pernah mengalami kerusakan pada database, dan kode sumber program yang telah saya buat Oleh sebab itu perlu melakukan analisa, membuat kronologis kejadiannya untuk menemukan pemecahan masalahnya. Mungkin penyebab dari kerusakan tersebut adalah virus. Tidak semua orang menyadari betapa bahayanya virus yang menginfeksi komputer. Betapa besarnya resiko yang kita hadapi.
Setelah kejadian ini, kita harus mencari cara agar hal ini tidak terulang lagi. Saya sering mengalami hal ini, dan mungkin dapat membantu anda dalam memecahkan masalah komputer yang dialami. Saya jelaskan dalam 3 langkah mudah dalam mencegah komputer agar tidak terkena virus :
1. Install antivirus
Antivirus terkadang menjengkelkan, dimana pada saat kerjaan banyak antivirus sedang aktif mendeteksi menjalankan tugasnya, wah.. jadi memperberat pekerjaan processor. Bagi sebagian orang mungkin ini menjadi beban, tapi sebenarnya dibalik itu keamanan terhadap aset / data yang kita miliki menjadi lebih baik. Janganlah dibuat sebagai beban tapi harus dilihat manfaatnya.
2. Update antivirus
Antivirus tidak ada artinya jika tidak pernah di update, kenapa? Sebenarnya banyak sekali virus baru yang bermunculan, bagaimana jika virus baru tersebut ternyata menginfeksi komputer kita? Sedangkan antivirus yang kita miliki tidak dapat mendeteksi virus baru tersebut. Oleh karena itu perlu untuk di update, minimum 1 minggu sekali.
3. update patch windows
Para hacker, selalu berusaha untuk mencari celah / keamanan pada sistem operasi windows, dan hebatnya mereka selalu menemukan lubang keamanan windows, Microsoft selalu kerepotan dengan banyaknya serangan tersebut, hingga membuat patch untuk menutup lubang keamanan itu. Maka dari itu betapa pentingnya kita selalu melakukan update windows.
Sekali lagi saya ingatkan, mungkin ini bisa menjadi beban, tapi kita lihat manfaat yang lebih besar dengan terjaganya aset kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar